Sebagai salah satu olahraga ekstrim , menyelam tidak bisa dilakukan sembarang orang . Lisensi atau Sertifikat selam Wajib hukumnya dimiliki oleh seorang divers. Lisensi ini sebagai ijin untuk melakukan kegiatan penyelaman sekaligus bukti kemampuan serta identitas seorang penyelam. Tapi begitu banyak diving agency di dunia yang menyebabkan kita bingung untuk memilih. disini kami akan membahasa tentang dua agency besar di dunia yaitu SSI dan PADI, disni kami kan menjelaskan PERBEDAAN (Scuba School International) SSI DAN (Professional Association of Diving Instructors) PADI.

MENGAPA MEMILIKI LISENSI ITU PENTING ?

Mengingat Olahraga Selam bukan olahraga yang tidak memiliki resiko bahaya , Ketika sudah memiliki lisensi, penyelam dianggap memiliki kemampuan menyelam serta mengerti langkah apa yang harus dilakukan untuk keselamatan diri. Lisensi juga dapat memudahkan para penyelam untuk bergabung di berbagai komunitas diving seluruh dunia . Untuk mendapatkan lisensi selam harus melalui proses pembelajaran alat selam, skill-skill selam, dan pengetahuan teori mengenai penyelaman. Lisensi selam ini terbagi menjadi beberapa tingkatan, dari yang paling dasar untuk pemula kemudian meningkat menjadi seorang penyelam profesional. Scuba diving  Wajib memiliki lisensi seperti SSI dan PADI .

APA PERBEDAAN DARI PADI DAN SSI ?

SSI dan PADI adalah dua organisai sertifikasi penyelam terbesar di dunia. Kulalifikasi mereka terkenal dimana saja dan saling berkesinambungan . Dari sudut pandang biaya , SSI seringkali sedikit lebih murah karena mereka biasanya tidak memaksa siswa untuk membeli manual untuk kursus sedangkan PADI Bersikeras untuk itu , mereka merasa bahwa review materi setelah kursus penting dan untuk mempertahankan tingkat pengetahuan. SSI lebih mementingkan yang disebut “CONFORT THROUGH REPETITION’ dimana divers diharuskan untuk  menghabiskan lebih banyak waktu di air.

PADI (Professional Association of Diving Instructors)

PADI  adalah organisasi sertifikasi selam terbesar dan paling luas di dunia didirikan oleh Ralph Erickson dan John Cronin pada tahun 1966 dan berpusat di California, Amerika Serikat. Padi Selalu mempertahankan standart mereka yang tinggi , mereka menawarkan pelatihan online , bahan bacaan juga video. Tetapi pengujian teoritis tidak dilakukan secara online , evaluasi dilakukan oleh instruktur yang bersangkutan .sertifikasi menyelam dari PADI banyak diincar oleh peminat diving karena diakui di belahan dunia manapun. Untuk mendapatkan kualifikasi dari PADI , divers diharuskan untuk mengikuti kursus secara tertulis dan latihan langsung di air.

Jenjang sertifikasi PADI :

#1. Open Water Diver

#2. Adventure Diver

#3. Advanced Open Water Diver

#4. Rescue Diver

#5. Master Scuba Diver

SSI (Scuba School International)

SSI( Scuba Schools International) didirikan tahun 1970.  Salah satu lembaga yang menawarkan kusus scuba diving dan freediving .Organisasi yang mengajar keterampilan yang terlibat dalam bisnis SCUBA diving dan resort ataupun penelitian. SSI lebih fokus pada teknik penyelaman dan juga memiliki program SCUBA rangers untuk anak-anak berusia 8-12 tahun.

Jenjang sertifikasi SSI :

#1. Basic diver.

#2. Open water diver.

#3. Advence diver.

#4. Rescue diver.

#5. Dive master.

#6. Instructor.

Pada dasarnya, program latihan anda akan sangat bergantung kepada karakteristik dan pengalaman instruktur yang membimbing anda. Jadi untuk memastikan anda mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik , jangan  hanya menentukan dari organisasi divingnya, cari informasi lebih banyak ke dive center dan instruktur . Oleh itu, pilihlah program latihan dan metode bimbingan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda

Share This